Senin, 27 September 2010

makalah kerajaan mughol diindia

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat ilahi rabbi, atas hidayah dan karunia_Nya sehingga penyusunan makalah yang berjudul “kerajaan mughal di India” bias terseleseikan dan tersusun, shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw beserta keluarga dan sahabat beliau.

Dalam penyusunan makalah ini penulis sangat menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan karena masiah banyaknya kekurangan dalam makalah ini oleh karena itupenulis mohon dan mengharapkan kritik dan sarannya demi kesempurnaan dan perbaikan dimasa yang akan dating.




Pandeglang mei 2010



penyusun









DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR……………………………………………………………………..
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN
A. latar belakang masalah…………………………………………………
B. Tujuan penulisan………………………………………………………
C. Rumusan masalah……………………………………………………
D. Metode penulisan………………………………………………………
BAB II KERAJAAN MUGHAL DI INDIA
A. pertumbuhan dan perkembangn pemerintahan mughal……………
B. perkembangan mughal dibidang pendidikan dan lainnya……………
C. kemajuan dan runtuhnya kerajaan mughal di India…………………

BAB III PENUTUP.
A. kesimpulan ………………………………………………………………
B. saran……………………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………..










BAB I
PENDAHULUAN
A. latar belakang masalah

Serbuan mongol ke Baghdad pada awal abad ke-13 mengakhiri kekuasaan abasiyyah sekaligus kemunduran politik islam secara drastis’ akibatnya wilayah islam terpecah menjadi negara-negara kecil dibawah pimpinan sultan. Seperti kerajaan ilkhan, kerajaan timuriyyah dan kerajaan mamalik. Kondisi politik islam berkenbang kembali setelah terbentuknya tiga kerajaan besar islam yaitu kerajaan safawi, usmani, dan kerajaan mughal.

erajaan mughal didirikan oleh zahiruddin babur (1482-1530 M) ayahnya bernama umar mirza adalah penguasa ferghana, sepeninggal ayahnya babur mewarisi tahta pada usia 11 tahun, babur berkeinginan menguasai samarkand yang merupakan kota terpenting diasia tengah. Pada waktu itu, pada wal usahanya babur mengalami kegagalan namun atas bantuan raja safawi ismail I tahun 1449 M babur berhasil menklukan samarkand dan pada tahun 1504 M ia menaklukan kabulibu kota Afghanistan.

Babur memperluas wilayah kekuaasannya dan menguasai Punjab tahun 1525 m dan Delhi (1526 M) yang pada saat itu dikuasai oleh ibrahim todi. Dan memerintah selama 30 tahun dengan meninggalkan kejayaan yang cemerlang, pemerintah selanjutnya dipegang oleh anaknya

B. Rumusan Masalah

Jika dilihat dari latar belakang masalah tersebut maka dapatlah di rumuskan masalah sebagai berikut:
1. bagaimana kerajaan mughal berdiri dan berkembang
2. bagaimana strategi zahirudin babur dalam membangun kerajaan mughal di India
3. bagaimana regenerasi kerajaan mughal setelah wafatnya zahirudin babur

C. Tujuan Penulisan
1. memenuhi tugas terstruktur dari mata kuliah sejarah peradaban islam
2. mengetahui sejarah berdirinya kerajaan mughal di India
3. menambah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan

D. metode penelitian
Meode penulisan dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan.
























BAB II
PEMBAHASAN

A. pertumbuhan dan perkembangan pemerintahan mughal

Kerajaan mughal di India adalah lanjutan dari mughalia di Persia. Pada masa itu cucu timur lenk zahirudin babur berusaha menghindari pertempuran dengan turki usmani dan membangun kerajaan mughal di Afghanistan. Sekitar tahun 1526 M kerajaan mughal pindah ke delhi.

Kerajaan mughal di India didirikan oleh zahirudin babur (1482-1530 M) orang tua babur umar mirza mewariskan kekuasaannya sejak babur berusia 11 tahun, sejak kecil ia berkeinginan menghidupkan kembali kerajaan mughal, usaha itu diawali dari saarkand, karena samarkand merupakan salah satu kota penting di asia tengah.

Pada tahun 1504 Mzahirudin babur dapat menaklukan Kabul, ibu kota Afghanistan, setelah penaklukan Kabul ekspansi dilanjutkan kewilayah India yang saat itu dalam keadaan tidak stabil dan dipimpin oleh seorang raja bernama ibrahim lodi.

Gabungan pasukan alamkhan, paman ibrahim lodi dan daulat khan, gubernur Lahore, mengirim utusan ke Kabul untuk meminta bantuan babur agar membantu pasukannya dalam menjatuhkan pemerintahan ibrahim lodi. Permintaan bantuan tersebut langsung diterima dengan mengirimkan bantuan pasukan untuk menjatuhkan pasukan lodi. Pada tahun 1526 M, babur melanjutkan ekspansinya kewilayah delhi dan pada tahun tersebut delhi dapat dikuasai, setelah penguasaan delhi mulailah berdiri kerajaan mughal di India. Setelah mughal berdiri di India, raja-raja hindia di India bersatu melawan babur, namun mereka dengan mudah dapat dikalahkan setelah berkuasa selama 30 tahun.

Babur wafat pada tahun 1530 M dalam usia 48 tahun dan digantikan dengan anaknya bernama humayun, pada masa pemerintahan humayun (1530-1539 M) mighal banyak mendapatkan perlawanan, akhirnya ia mengundurkan diri dan mengasingkan diri ke India selama 15 tahun, sebelumnya beliau sempat melawan dan memadamkan pemberontakan yang dipimpin oleh bahadur dyah, penguasa Gujarat yang memisahkan diri dari delhi, humayun kembali ke delhi pada tahun 1556 dan setahun kemudian dia wafat.

Humayun digantikan anaknya bernaa syah jehan atau syah johan yang masih berusia 14 tahun dan diberi gelar sultan akbar, karena usianya yang relative muda, untuk mengendalikan negara diserahkan kepada biram kahn seorang tokoh beraliran syi’ah. Kekuasaan itu kembali ia pegang setelah dewasa. Sultan akbar dikenal dengan kebijakan politik bernam sulakhul (toleransi universal) yang memandang semua rakyat India sama, tidak dibedakan atas etnis dan agama.

Kemajuan yang dicapai akbar dipertahankan oleh tiga sultan berikutnay, yaitu: jehangir (1605-1628 M) syah (1628-1658 M) dan aurangzab (1658-1707 M) tiga sultan penerus akbar ini terhitung raja-raja besar dan kuat.

E. perkembangan mughal dibidang ilmu pengetahuan dan lainnya

Pada masa pemerintahan sultan akbar, mughal memiliki politik yang stabil, maju dibidang pertanian, pertambangan dan perdagangan. Mughal memiliki system pertanian antara pemerintah dan petani yang mengolah. Mughal di India terkenal penghasil biji-bijian. Hasil pertanian sebagian di ekspor ke eropa, afriaka, jazirah arab, dan asia tenggara.

Mughal juaga berhasil mengembangkan industri tekstil. Unyuk meningkatkan produksi jehangir mengizinkan inggris (1661 M) dan belanda (1617 M) mendirikan pengolahan hasil pertanian di surat.

Bidang seni dan budaya juga berkembang, karya seni yang menonjol adalah karya sastra penyair istana, bahasa yang dipakai adalah bahasa Persia dan India. Penyair yang terkenal adalah malik Muhammad jayazi seorang sastrawan yang sekaligus seorang sufi, salah satu karya besarnya adalah padmauat. Pada masa pemerintahan aurangzab, lahir seorang sejarawan bernama abu fald dengan karyanya “akbar nama dan ami akbari” karya ini merupakan sejarah mughal serta figure para pemimpinnya.

Pada masa pemerintahan akbar dibangun istana fatpur sikri, vilia, dan mesjid berlapis mutiara. Salah satu banguanan monumental yang dibangun syah jehan (sultan akbar) adalah tajamahl di aqra delhi, ini merupakan kompleks makam istrinya bernama muntazmahal.

F. kemunduran dan runtuhnya kerajaan mughal

Setelah satu setengah abad dinasti mughal berada dipuncak kejayaannya para pelanjut aurangzeb tidak sanggup mempertahankan kebesarannya yang telah dibina oleh sultan-sultan sebelumnya, pada abad ke-18 M kerajaan ini memasuki masa-masa kemunduran, hal ini disebabkan oleh beberapa factor diantaranya:
• terjadi stagnasi dalam pembinaan kekuatan militer sehungga operasi militer inggris diwilayah pantai tidak segera dipantau oleh kekuatan maritime mughal. Begitu juga kekuatan pasukan darat, bahkan mereka kurang terampil dalam mengoperasikan persenjataan buatan mughal sendiri.
• Kemerosotan moral dan hidup mewah dikalangn elit politik yang mengakibatkan pemerosotan dalam penggunaan uang negara.
• Pendekatan aurangzeb yang terlampau kasar dalam melaksanakan ide-ide puritsan dan kecenderungan asketisnya sehingga konflik antar agama sangat sukar diatasi oleh sultan-sultan sesudahnya.
• Semua pewaris tahta kerajaan pada paruh terakhir adalah orang-orang lemah dalam bidang kepemimpinan.





BAB III
PENUTUP

A. kesimpulan

Kerajaan mughal di India berdiri seperenpat abad setelah berdirinya kerajaan safawi dan merupakan kerajaan besar islam tersebut.

Kerajaan mughal di India adalah lanjutan kerajaan darimughalia di Persia pada masa itu, zahruddi babur sebagai pendiri kerajaan mughal berusaha menghindari pertempuran dengan turki usmani dan membangun kerajaan mughal di Afghanistan, yang kemudian dipindahkan ke delhi. Selama 30 tahun babur memerintah dengan meninggalkan kejayaan yang cemerlang. Bagi kerajaan mughal, sebelum akhirnya beliau wafat dalam usia 40 tahun. Yang kemudian dilanjutkan oleh generasi beliau secara turun temurun mempertahankan pemerintahan dan berhasil mengukir kejayaan dan kemajuan pada masanya, sebelum akhirnya mengalami kehancuran pula karena beberapa fakro, salah satuntya adalah pewaris tahta pada paruh terakhir tidak sehebat dan setangguh pada pemimpinan sebelumnya. Sehingga kemunduran dan kehancuran tidak bias dihindari.

B. saran

Adapun saran yang dapat disampaikan yaitu, sejarah merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan yang bias dijadikan cerminan untuk kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang. Maka pelajari dan pahamilah sejarah sebagai suatu ilmu pengetahuan demi merekontruksi kehidupan yang lebih bermakna






DAFTAR PUSTAKA


Yatim,badri.2008.sejarah peradaban islam, Jakarta: rajawali pers
Hidayah,nurul.2003.sejarah kebudayaan islam. Bogor: CV regina
H. Darsono, T, ibrahim. 2003. tonggak sejarah kebudayaan islam. Bogor : PT tiga serangkai pustaka mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar